jump to navigation

jadi pembicara, gampang gak sih?? 5 Januari 2008

Posted by vikikurdiansyah in tips n trik.
trackback

saat ikut training ataupun pelatihan, kepengen rasanya jadi seperti pembicara yang di depan panggung, berbicara dengan enak, merangkai kata bak pujangga yang udah melanglang buana di dunianya. Kadang kita pun terbuai dengan kata-katanya. Bisa gak ya aku sepeti mereka..?? ternyata kalo dicoba2 susah juga berbica, merangkai kata apalagi di depan banyak orang, waduh.. capek dech. Ternyata gak gampang bro… sis…

setelah saya telusuri, nanya sana sini, dan perjuangan lainnya, ternyata jadi pembicara itu harus melalui berbagai perjuangan. Pengen tau perjuangannya? simak tips berikut ini

1. banyak baca buku. Yang satu ini gak boleh ditinggalin untuk menjadi seorang pembicara. Buku adalah gudangnya ilmu. Tanpa buku alias jarang baca buku (apalagi gak pernah baca buku) wacana pemikiran kita akan buntu. Kita akan gagap informasi dan pengetahuan seperti orang yang hidup di hutan ato di daerah yang sangat amat terpencil sekali (hiperbola banget ya..)

2. banyak latihan lah…. gampang kok. kamu tinggal ngomong sendiri di depan cermin. Tatap matamu sendiri. ngomong dah sepuasnya dengan dirimu sendiri. Terserah apa yang mau kamu omongin. Kamu mo curhat ma diri sendiri n selesaikan sendiri ato kamu mo pidato17an juga boleh. yang penting bibir kamu ngomong terus ampe dower… (he..)

3. praktik langsung. .. ini yang jadi ujung tombaknya. klo baca n latihan mulu, gak dipraktekin, ya… percuma aja. sekalian nguji kemampuan yang kita punyai…

pokoke “asah pedangmu dan gunakan untuk perang….!!!”

Komentar»

1. anas yustiawan - 20 Februari 2008

makasih tipsnya…ta’ coba dulu deh, biar ktahuan brasil ato ngga’….do’akan saya yah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: