jump to navigation

energi listrik dari revolving door 4 April 2008

Posted by vikikurdiansyah in power engineering, teknologi.
trackback

Beberapa desainer di New York City mempunyai konsep menarik untuk menghasilkan energi listrik dari pintu sebuah bangunan komersial yang dilewati banyak orang.

Konsep yang ditawarkan para desainer yang bekerja di Fluxxlab Studio tersebut adalah melakukan modifikasi pada pintu putar (revolving door). Revolution Door, demikian mereka menamakan konsepnya, hanya melakukan perubahan dengan menambahkan generator pada poros pintu bagian atas. Desain generator yang digunakan pun berbeda dengan generator pada umumnya. Perbedaan ini hanya pada bentuk desain dan tidak berbeda dari prinsip kerja generator.

Ketika seseorang melewati pintu tersebut, maka pintu akan terdorong dan menghasilkan putaran pada generator. Bisa dibayangkan, pada bangunan komersial, akan ada banyak orang yang keluar dan masuk melalui pintu tersebut, meski frekuensinya tidak terus menerus. Alhasil, hasil setiap putaran generator bisa disimpan ke dalam sebuah baterai untuk dipergunakan kemudian.

Prinsip tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh dengan turbin pada pembangkit listrik tenaga air ataupun turbin angin, hanya saja kontinyuitasnya berbeda.

Fluxxlab sendiri mendapatkan bantuan dana dari Eyebeam Art and Technlogy Center serta New York University Sustainaability Fund.

Sebuah ide kreatif dan inovatif yang bisa diterapkan untuk gedung-gedung komersial, stasiun kereta api, bandara dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: