jump to navigation

Kain berteknologi nanogenerator, menghasilkan listrik dari lingkungan 4 April 2008

Posted by vikikurdiansyah in power engineering, teknologi.
trackback

Nanoteknologi masih menjadi alternatif para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi guna menangkap berbagai bentuk energi. ”Baju penghasil listrik” adalah salah satu yang menerapkan keunggulan nanoteknologi.

Para peneliti menggunakan sepasang serat kain yang dilapisi dengan kabel berskala nano dan terbuat dari zinc oksida untuk menghasilkan arus listrik. Penggunaan sepasang serat kain tersebut pada dasarnya untuk mendapatkan efek piezoelektrik.

Piezoelektrik akan mengubah energi kinetik yang mengenai ”baju” tersebut menjadi energi listrik. Gerakan orang yang mengenakannya ataupun tiupan angin akan menggerakkan kain yang menempel di tubuh orang tersebut menjadi arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi arus listrik peralatan portabel yang dibawa oleh orang tersebut. Bahkan teknologinya juga dirancang untuk mampu menyerap energi gelombang ultrasonik dan aliran darah pemakainya. Dengan teknologi tersebut, maka akan dihasilkan 800 nanoamper dan 20 milivolt. Untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar, maka sistem tersebut bisa digunakan di seluruh kain.

Zhong Lin Wang, profesor di School Materials Science and Engineering di Georgia Institute of Technology, mengatakan,”Nanogenerator dalam bentuk serat kain akan menjadi cara yang mudah dan ekonomis untuk menangkap energi dari gerakan fisik. Jika kami bisa mengkombinasikan serat-serat tersebut dalam dua atau tiga lapisan tipis dalam sebuah baju, kami akan memberikan sebuah sumber energi yang fleksibel, bisa dilipat dan dikenakan.”

Riset tersebut didanai oleh National Science Foundation, Departemen Energi Amerika Serikat dan Emory-Georgia Tech nanotechnology Center for Personalized and Predictive Oncology.

Komentar»

1. infoGue - 7 April 2008

artikel anda sangat bagus, anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk sema pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

artikel anda:
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/lingkungan/kain_berteknologi_nanogenerator/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: