jump to navigation

Peralatan elektronik canggih akan menjadi penyerap listrik terbesar 4 April 2008

Posted by vikikurdiansyah in power engineering.
trackback

TV layar datar, komputer dan peralatan elektronik lainnya yang berteknologi tinggi akan menjadi pengguna energi listrik hampir separuh dari total energi yang ada pada tahun 2020.

Menurut Energy Saving Trust (EST), sebuah lembaga konservasi energi yang didirikan pada tahun 1993 oleh pemerintah Inggris, produk elektronik akan mengambil alih posisi peralatan rumah tangga dan lampu yang saat ini menjadi pengguna energi listrik terbesar di rumah tangga.

Menurut EST, teknologi baru yang ada sekarang cenderung lebih boros energi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Dan banyak dari produk tersebut yang dibiarkan dalam kondisi stand by daripada mematikannya. Bahkan beberapa produk canggih tersebut tidak mempunyai tombol ‘OFF’.

Pada tahun 1982, hanya sekitar 3% dari rumah tangga yang mempunyai komputer. Sementara saat ini, di Inggris sekitar 60% rumah tangga yang mempunyai komputer. Tidak berbeda jauh dengan printer, yang semula sebesar 0,7% menjadi 58%.

Banyak rumah yang kini mempunyai TV lebih dari satu, dan konsumen juga mempunyai kecenderungan untuk membeli TV dengan ukuran layar yang lebih lebar. Padahal layar lebar menggunakan energi yang lebih besar pula.

Di tahun 2020, semua televisi yang dalam keadaan standby akan menyerap 1,4% dari keseluruhan energi listrik di rumah tangga.

Meskipun beberapa produsen berusaha membuat produk yang lebih hemat energi, ternyata masih ada beberapa produk radio digital yang menyerap energi listrik sebesar 4 kali dibandingkan dengan model analog-nya.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: