jump to navigation

biogas dari batang dan tangkai padi 7 Juni 2008

Posted by vikikurdiansyah in renewable energy.
trackback

Indonesia merupakan negara agraris yang banyak memproduksi padi. Limbah hasil panen padi (batang dan tangkainya) atau lebih familiar dikenal dengan “sekam”.Biasanya sehabis panen, limbah ini langsung dibakar. Para petani menganggap limbah itu tidak bermanfaat lagi.

Namun berbeda dengan Cina, yang mengaku negara penghasil padi terbesar di dunia (sumber: energipotal.com). Setiap tahunnya limbah padi yang didapat setelah panen mencapai 230 juta ton.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Cina, salah satunya bernama Xiujin Li , melaporkan bahwa mereka telah melakukan penelitian untuk mendapatkan biofuel dari limbah padi. Penelitian mereka yang rencananya akan diterbitkan di jurnal Energy & Fuels, America Chemical Society, memaparkan suatu metode untuk mendorong produksi biofuel hingga 65%.

Limbah padi selama ini belum dimanfaatkan untuk biogas karena selulose yang dimilikinya mempunyai struktur fisika dan kimia yang kompleks tidak mudah diurai bakteri.

Xiujin Li dan rekan-rekannya memberikan perlakuan batang padi dengan sodium hydroxide terlebih dulu, sebelum diberikan pada bakteri untuk difermentasi menjadi biogas. Perlakuan awal tersebut dapat meningkatkan produksi biogas dengan terbentuknya lebih banyak selulose dan komposisi lain di dalam batang padi tersebut. Tiga fasilitas prototip hingga kini telah dibangun di Cina menggunakan teknologi tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia yang memiliki sumber limbah padi yang cukup potensial untuk mengahasilkan biofuel. Ini adalah tantangan kita bersama untuk mengoptimalkan potensi limbah padi

Komentar»

1. iko - 21 Juni 2008

apa biogas dari kulit pisang jadi ?

http://nickossite.blogspot.com

2. vikikurdiansyah - 25 Juni 2008

biogas dari kulit pisang …. ???
aku belum tau bisa apa gak….
diteliti aja dech….

3. Rama sianturi - 1 Juli 2008

kalau bisa di buat lagi tuh sejarah tujuan dan fungsi biogas secara detail suapaya lebih terinci

4. bukan mahasiswa - 17 Juli 2008

sodium hydroxide itu apa yah …? bisa minta detil tentnag pengloaan batang padi menjadi biogas

terima kasih

5. vikikurdiansyah - 4 Agustus 2008

nanti artikel ini insyaALLAH akan dilanjutkan sekarang lagi jarang nge-net lagi sibuk penelitian ttg mesin listrik

6. tohri - 13 Juni 2009

saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya ingin membuat TA membuat biogas dari jerami. tapi apakah sodium hidroxide itu?,apakah jerami amonisasi bisa di jadikan biogas? atau adakah cara lain untuk mempercepat pelapukan jerami tersebut..
terimakasih sebelumnya

7. siska - 8 Januari 2010

minta jurnal pembuatan biogas dari jerami padi dan kotoran sapi pada proses anaerob dan dengan menggunakan pemisahan lignin ataupun tanpa pemisahan ligninnya bisa ga???
plis kirim secepatnya….
thankz before…..

8. vikikurdiansyah - 8 Januari 2010

jurnal ebook belum ada… tapi kalo yang hardcopy dalam bentuk buku, saya ada

9. adi - 8 Maret 2010

ydh gpp yg harcopy jg…bsa d scan g???hehehe…..

10. siska - 16 Maret 2010

iya..klo yg brupa hardcopy nya bsa dkirimin ga,,,pleaseeee!!
klo bsa scpat nya ^_^

11. Lele - 16 April 2010

iyah…. aq juga mau dung hardcopy nya^^’

vikikurdiansyah - 26 April 2010

hmm….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: