jump to navigation

sang pengubah 23 Oktober 2008

Posted by vikikurdiansyah in motivation.
trackback

Sohib sekalian pasti mengetahui kisah beberapa sahabat Nabi. Salah satunya Ali bin Abi Thalib yang menjadi khalifah ke 4. Sungguh Allah maha bijaksana dengan memberi contoh empat karekteristik 4 khalifah pertama yang berbeda. Abu Bakar yang dikenal sangat bijaksana, Umar bin Khatab yang tegas juga keras sehingga ditakuti dan disegani oleh kawan maupun lawan, ada khalifah Usman yang sangat dermawan. Lalu sosok Ali yang digambarkan sebagai pemuda yang tangguh. Bagaimana beliau dengan berani menggantikan posisi Nabi ketika rumahnya sudah dikepung oleh kaum kafir Qurais yang hendak membunuh Nabi. Atau kita pernah baca juga bagaimana sosok Ali tampil didepan dan berhasil membuka pagar yang dibuat musuh-musuh Allah, ketika dalam suatu peperangan. Ada lagi sosok Umar bin Abdul Azis sosok pemimpin yang adil, yang mampu membawa kesejahteraan bagi rakyatnya dalam masa pemerintahan yang singkat. Beliau sosok pemuda yang meninggalkan semua kenikmatan dunia untuk hidup zuhud. Beliau wafat dalam usia yang masih muda.

“.. tapi kan itu jaman nabi, sekarangkan dah modern. Ga ada lagi yang naik onta.. ”

Bapak proklamator kita, Ir. Soekarno kita mengumandangkan kemerdekan bangsa ini masih berusia 44 tahun. Sang proklamator bersama bung Hatta berhasil membawa Indonesia merdeka atas dasar desakan dan dukungan para pemuda. Lalu masih segar dalam ingatan ketika para pemuda berhasil “menggulingkan” orde baru dan menggaungkan wacana reformasi 10 tahun lalu. Ribuan mahasiswa turun kejalan dan menduduki gedung DPR. Suatu momentum yang menjadi titik balik bangsa ini.

“..ah bosen, bahasannya politik melulu. Itukan mainannya orang yang udah tua. Kalo pemuda yang gaul donk..”

Pasti kenal donk sama David Beckham. Sebelum jadi pemain tenar seperti sekarang, dia mulai di sekolah sepakbola Manchester United dan sempat jadi pengelap sepatu Bryan Robson, pemain idolanya. Karena bakatnya luar biasa, sang pelatih memasukkan dalam tim inti dalam usia masih belasan tahun. Bahkan dia diwarisi nomor punggung keramat peninggalan Eric Cantona yang legenda MU itu. Prestasi puncak bagaimana Beckham berhasil membawa MU juara liga Champion ketika masih berusia 24 tahun ! Tak lama ia pun dipercaya jadi kapten tim nasional Inggris. Sebelum akhirnya jadi salah satu pemain termahal saat itu ketika pindah ke klub Spanyol, Real Madrid.

Kalo di negeri sendiri, kita bisa lihat bagaimana fenomenalnya film Ayat-ayat Cinta ataupun Laskar Pelangi yang hasil garapan 2 sutradara muda. Cerita yang diangkat dari novel laris, hasil penulis yang masih muda juga. Bagaimana karya-karya mereka mampu merubah atau lebih ekstrimnya mendobrak banyak karya seni yang menjual horor atau pornografi.

Nah, kita lihat bagaimana sosok pemuda sering tampil sebagai pembawa perubahan. Orang yang muda usia lebih gesit dan banyak ide untuk terus bergerak kearah yang lebih baik. Di bulan Oktober ini, dimana salah satu tanggalnya kita peringati sebagai hari sumpah pemuda. Lalu apa peran kita ? Ga usah jauh-jauh. Buat yang pelajar atau mahasiswa giat belajar dan ikut organisasi untuk pengembangan diri. Bisa dilingkungan sekolah, aktif di kegiatan olahraga atau jadi remaja mesjid. Ayo jadilah bagian dari perubahan. Apalagi tahun depan ada pesta demokrasi, pemilu 2009 sebagai salah satu pintu untuk perubahan. Sebagai salah satu jalan yang muda tampil didepan.🙂

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: