jump to navigation

kisah 2 serigala 13 Januari 2009

Posted by vikikurdiansyah in cerita, hikmah.
trackback

saya kutipkan dari milis, sebuah kisah luar biasa dari suku Navajo. Seorang lelaki tua dari suku tersebut mengaku kepada cucunya bahwa di dalam dirinya sesekali berkecamuk pertarungan yang sangat dahsyat. Dia merasa di dalam dirinya ada 2 (dua) serigala yang berkelahi.

Pertama adalah serigala yang sangat buas. Itulah serigala yang menjelmakan amarah, iri dengki, kesedihan, penyesalan, ketamakan, kesombongan, perasaan sengsara, rasa berdosa, kemarahan, rendah diri, kecongkakan, tidak punya nyali untuk memperbaiki diri dan pikiran, takut berjuang mengejar kesuksesan, takut membuktikan kebenaran, takut belajar dari kisah perjalanan hidup orang lain dan belajar dari cermin batin serta mata hati orang-orang tersebut, dan banyak memakai alasan yang penuh kebohongan.

Serigala yang kedua sangat baik. Dialah penjelmaan rasa bahagia, kedamaian, cinta kasih, harapan, keteduhan jiwa, kerendahan hati, kebajikan, empati, kepedulian terhadap orang-orang yang telah menolong kita, kerelaan untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain, dan kesadaran bahwa takdir kita ada dalam genggaman kita sendiri.

Cucunya memikirkan perkataan lelaki itu kemudian bertanya, “Lantas bagaimana kakek, serigala mana yang menang?”. Kakeknya menjawab, “Serigala yang kuberi makan!”.

silahkan dimaknai sendiri ceritanya

Komentar»

1. sari firman - 23 Januari 2009

mungkin kah serigala itu saya, apa kan jadi serigala yang kedua


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: