jump to navigation

6 Elemen penting dalam presentasi yang efektif 11 Maret 2009

Posted by vikikurdiansyah in tips n trik.
trackback

Yang mau seminar2, yang mau lulus boleh nyimak ni tulisan. Gimana cara buat audiens terukau dengan presentasi kita saat seminar2. Semua orang bisa berpresentasi, tapi tidak semua orang dapat presentasi dengan efektif.  paling tidak ada 6 elemen penting yang anda harus perhatikan pada saat presentasi.

1. Persiapan, ini merupakan elemen paling penting pada saat presentasi. Berapa kali anda mempersiapkan segala hal untuk presentasi anda ? Misalnya membuat slide presentasi, mempelajari materi yang akan disampaikan.  dan yang tidak kalah pentingnya adalah latihan presentasi. jlatihan ngomong di depan cermin. amati materi yang disampaikan, penampilan, body language, dll.  Gunakan tape recorder dan videotape untuk dapat mengetahui kualitas  dari latihan presentasi anda.

2. Berikan diri anda, jangan ragu untuk memberikan contoh dan bila perlu pengalaman anda pribadi yang mendukung materi presentasi anda. Ini merupakan cara jitu untuk melibatkan diri anda dengan audiens dan sharing
dengan mereka.

3. Tetap Relaks, kondisi ini hanya bisa didapat jika anda melakukan persiapan yang cukup. Fokuslah terhadap pesan yang anda ingin sampaikan dan bukan pada audiens. Gunakan gesture yang cukup dan latih kalimat awal pembuka presentasi anda. Audiens biasanya kan menilai kita pada 30 detik awal pertama presentasi.

4. Gunakan humor yang cukup, ini bukan berarti anda jadi pelawak di depan audiens. Buatlah humor yang alami dari pengalaman diri anda ataupun dari materi yang anda bawakan dan jangan pernah menjadikan audiens sebagai obyek lawakan anda.

5. Gunakan gesture dan body languange, komunikasi visual jauh lebih efektif daripada suara, jadi jangan lupa untuk menggunakan gesture dan body languange. Tidak ada salahnya anda mencoba tiga tempat presentasi yakni di
tengah stage, kiri stage dan kanan stage. Jika anda bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain pastikan kontak mata anda dengan audiens selalu terjaga.

6. Perhatikan semua detail, pastikan anda mengetahui profil audiens, jumlah audiens, waktu dan kondisi tempat presentasi. Pastikan anda membawa alat bantu visual dan handout untuk mempermudah presentasi anda.

good luck…

Komentar»

1. heny - 12 Maret 2009

sip deh tipsnya…saya juga sering ngasih presentasi di kantor….presentasi memang tidak mudah, perlu trik agar orang yang mendengar dapat menangkap isi presentasi dan tidak merasa bosan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: