jump to navigation

perjalanan skripsi ku 3 Juni 2009

Posted by vikikurdiansyah in diary-koe.
trackback

setahun ini adalah perjalanan hidup yang butuh pengorbanan dan butuh pemilihan keputusan yang tepat. pengorbanan waktu, tenaga, uang dan sebagainya. akhir agustus 2008 kemaren, saya mengajukan proposal tugas akhir. penelitian yang perlu perhatian yang ekstra. banyak hal2 baru yang harus saya pelajari, mulai dari teori2 baru hingga software yang baru saya ngerti.

september 2008, skripsi mulai saya tinggalkan. saat itu bulan ramadhan. ingin sih ngerjain skripsi tapi belum bisa ngatur waktu dengan baik. saya sebagai salah satu takmir masjid di malang harus ekstra melayani jamaah tanpa harus mengorbankan ibadah ramadhan. sayang kan kalo ibadah yang luar biasa ini ditinggalkan. sore ampe waktu sahur dan subuh saya fokuskan ke ibadah. mulai dari ngambil takjil, nyiapkan kajian sebelum berbuka, sholat tarawih , bangunkan jamaah jam 02.30 dini hari hingga waktu subuh. pagi ampe siang belajar untuk skripsi.

oktober 2008, gak bisa ngerjain TA. fokus silaturahim ke keluarga. tahun 2008 ini adalah momen yang sangat mengharukan dan menggembirakan. saya ketemu dengan keluarga di madura yang selama lebih dari 16 tahun tidak  berjumpa. terakhir jumpa tahun 1993. waktu itu saya masih kelas 2 SD. tangis, haru dan tawa mengiringi perjumpaan itu.

november tahun 2008, saya coba program yang baru saya pelajari, yaitu simulink. klo temen2 pernah tau program matlab, nah disitu ada program simulink juga. aku belajar mulai dari nol hingga sekarang masih ngotak-atik program itu. pusing aku dibuatnya….

akhir november 2008 aku harus meninggalkan skripsi ku lagi. aku dapat tawaran yang menggiurkan. join di kontraktor yang lagi bikin pabrik bioetanol. saya belum pernah punya pengalaman di situ. dan akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan aku harus rela skripsi di nomor sekian kan akhirnya tawaran itu aku terima. perjalanan bantu bangun pabrik bioetanol ini berakhir di awal bulan januari 2009. banyak pengalaman yang menyenangkan dan menyedihkan.

pertengahan bulan januari 2009, perjuangan menyelesaikan skripsi dimulai lagi. berat rasanya memulai setelah sekian lama ditinggal. harus mengumpulkan semangat yang dulu. harus adaptasi lagi dengan kondisi yang dulu yang sempet tertinggal. perjuangan…. itulah intinya. tidak hanya berjuang untuk skripsi tapi juga berjuang mengkondisikan diriku untuk siap lagi mengerjakan skripsi.

perjalanan ini hingga akhrir april… alhamdulillah ada hasilnya sudah sampai penelitian. laporan sudah diketik. kemudian dilaporkan ke dosen pembimbing. cukup banyak yang harus direvisi. dan yang membuatku mengambil nafas panjang, aku harus mempelajari pendekatan yang baru dalam menganalisis penelitian ku.. oke saya terima. belajar lagi… belajar lagi…analisis yang baru.

untuk kesekian kalinya, skripsi harus saya tinggalkan lagi. entah lah… mengapa aku milih itu. telpon dari indomobil jakarta “memaksa” aku harus meninggalakan skripsi, kota malang dan menuju jakarta. perjalanan pertama sendirian menuju kota jakarta. hampir 3 minggu aku ningkrong di jakarta hanya demi mengikuti tes di indomobil. tapi ada yang membuatku bangga. ternyata yang dipanggil ke jakarta itu telah mengikuti seleksi di masing2 kota, diantaranya malang, jogja, semarang, jakarta. Alhamdulillah aku termasuk orang yang terpilih.

setelah menjalani beberapa tes di jakarta, akhirnya aku harus ikhlas tereliminasi di tes presentasi+interview. padahal kurang satu tapak lagi… it’s oke… mungkin ini adalah yang terbaik bagiku. meskipun harus ninggal skripsi dan bertahan hidup di jakarta yang panas dan serba mahal makananya.

akhirnya di awal juni ini, baru kembali ke jalan yang benar, he… ngerjain skripsi lagi. mohon doanya bulan ini sidang di depan para penguji.. amiieennnnn….

Komentar»

1. miphz - 12 Desember 2009

Menulis skripsi hanya dalam 30 hari? Judulnya cukup menggigit, menggoda, sekaligus menimbulkan kesan utopis. Dari beberapa komentar pembaca buku ini pada halaman awal; ada dari mahasiswa, biro jasa penulisan skripsi, dosen, dan pembaca umum, banyak penilaian positif-negatif dari buku ini. http://miphz.wordpress.com/2009/12/12/cara-mudah-menulis-skripsi-dalam-30-hari/


Tinggalkan Balasan

