jump to navigation

Usia Produktif Malah Tidak Produktif 9 Mei 2010

Posted by vikikurdiansyah in Uncategorized.
trackback

Tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Data paling gres menyatakan, angka pengangguran mencapai 8,14 persen atau 9,26 juta jiwa usia angkatan kerja produktif. Tingginya angka itu disebabkan tidak seimbangnya antara pencari kerja dan lapangan kerja produktif. Ini adalah masalah serius karena bisa berdampak terhadap instabilitas ekonomi, politik, dan keamanan sekaligus menggambarkan banyaknya sumber daya yang terbuang percuma. Pemicu utamanya adalah pertumbuhan ekonomi tanpa dibarengi kualitas angkatan kerja. Saat ini 54 persen angkatan kerja berpendidikan di bawah SD. Pemicu lain, persaingan telah beralih dari aset berwujud seperti tanah, properti, dan mesin men­jadi aset tak berwujud seperti informasi, sikap men­tal, disiplin, dan kualitas sumber daya manusia.

Bisa jadi masyarakat Indonesia kurang termotivasi menciptakan lapangan kerja baru (usaha mandiri) sebagai pengusaha (entrepreneur). Karena itu, pemerintah bertugas mendorong dan menghidupkan kembali jiwa entrepreneurship. Ada generasi ongkang-ongkang yang cenderung menunggu nasibnya dan itu menjadi pekerjaan rumah kami untuk mengatasinya. Padahal peluang untuk menjadi pengusaha amatlah besar. Dalam penelitian yang pernah dilakukan, setiap negara membutuhkan minimal 2% dari total jumlah penduduknya supaya perekonomian negara bisa berkembang. Dan ini adalah salah satu syarat untuk menjadi negara maju. Di indonesia, jumlah pengusaha masih sekitar 0,18% dari jumlah penduduk pada saat jumlah penduduk 220 juta jiwa. Sangat berpeluang untuk menjadi job creator (pengusaha) daripada job seeker.

Data dari Badan Pusat Statistik pada bulan Agustus 2008 lebih mencengangkan lagi. Dari data BPS menunjukkan bahwa sekitar 1 juta lulusan sarjana strata 1 (S1) belum mempunyai pekerjaan alias menganggur. Bisa dibayangkan di bulan 2010 ini, sudah berapakah lulusan S1 yang tidak memiliki pekerjaan. Mungkinkah berkurang?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: